Tuesday, October 11, 2011

Ber-Henna, Mewarnai Rambut dengan Alami

Sebelumnya saya sudah tahu kalau mewarnai rambut itu tidak dilarang dalam islam. Tapi tetap ada syaratnya, salah satunya tidak dengan bahan yang menyebabkan terhalangnya permukaan rambut dari basuhan air wudhu atau ketika mandi junub..

Well, belakangan ini lagi suka dengan rambut yang berwarna.. Hmm, kenapa ya? karena fitrah kali yah perempuan itu suka berhias *wew :p*

Setelah bahas sana-sini sama teman2, tergeraklah hati saya untuk mencoba mewarnai rambut dengan bahan yang alami tentunya. Karena rambut kan mahkota ya.. jadi saya takut untuk coba2 dengan bahan kimia yang ga saya ngerti sama sekali. Apalagi pernah baca di internet tentang remaja yang wajahnya bengkak usai pakai pewarna rambut, saya lupa berita persisnya tapi mungkin karena alergi sama salah satu bahan yang ada di pewarna rambut itu.

So saya pakai henna. Nabiku dulu juga mewarnai rambutnya dengan daun inai *sama ga ya dengan henna? karena henna dari tumbuhan juga...* dan beliau suka dengan warna yang kecoklatan.

Sepertinya akan bagus sih kalau mewarnai rambut dengan warna coklat gelap, tapi pengen juga warna merah ala-ala Marie Jane di film SpiderMan, dan... tha dhaa.. saya memilih warna burgundy.

Proses pewarnaan pertama tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Saya pikir rambut saya otomatis berwarna burgundy. Eh, ternyata tidak..

Proses kedua dan ketiga, sesuai petunjuk penjualnya... saya gunakan air teh untuk mencairkan bubuk henna. Hasilnya juga kurang memuaskan :p. Sabar.. namanya juga alami :p

Nah, kemarin.. saya melakukan pewarnaan lagi. Kali ini saya cairkan bubuk henna dengan air teh, perasan dari parutan jahe, dan minyak zaitun. Woww.. hasilnya membuat saya cukup senang walaupun untuk hal warna masih sama :p. Tapi efeknya beda dengan kombinasi campuran2 sebelumnya. Bila biasanya rambut saya terasa kaku setelah pewarnaan, kali ini terasa lembuuuuuuuuut dan berkilau! Seperti ada efek highlight-nya.

Saya sih menduga ini efek dari perasan parutan jahe. Karena saya pernah baca juga kalau penambahan jahe dalam pewarnaan rambut menggunakan henna bisa memberikan efek highlight :D. Senangnya...

Tapi kenapa ngga merah-merah ya rambut saya? Ibu saya juga heran "kamu tuh sebenernya diwarnain apa sih rambutnya? kok malah jadi hitam begitu?" hehhee...

Yasudahlah, sekarang ber-henna untuk merawat rambut saja. Anggaplah sedang masker rambut :D.. Mau coba?

1 comment:

Anonymous said...

perbandingan bubuk henna dan campuran jahe teh dll nya gimana mbak?